Sunday, July 27, 2008

Keluarga Thifan Po khan Indonesia

logo.jpg logo-tsufuk.gif logo-pti.gif

(heri setiawaniahttp://alikhwan.wordpress.com) Tentang khazanah per-thifanan kita di Indonesia bahwa setelah Thifan po khan tidak dipegang oleh Guru besar Ust. A.D. El Marzdedeq (Umar Sidiq) yang dulu pernah menjabat menjadi ketua Persis, Thifan Po Khan kini ada banyak terutama yang dikenal adalah Thifan Po khan yang dikembangkan oleh :

  1. Ust. Ibtida’in (seragam biru kuning), *logo 1*
  2. Tsufuk oleh Ust.Habiburrahman (seragam merah hijau) *logo 2*
  3. PTI (seragam hijau hitam) yang berdiri sekitar tahun 2005. para pengajarnya kebanyakan berdomisili di jakarta, bekasi, dan tasikmalaya seperti Ust.Abu Bakar, Ust.Sarno, Ust.Iwan Pawellangi, Ust.Hasan, Ust.Usep, Ust.Herman, Ust.Bayu dll. sehingga cabang/lanahnya masih sangat terbatas. *logo 3*

Trus apa sih bedanya dengan thifan-thifan yang lain? insyaAlloh tidak ada beda yang prinsipil. Akidahnya sama, Kitab rujukannya juga sama, dan suyukh/narasumbernya sama. perbedaannya cuma seragam, metode latihan, tingkatan, lama latihan, dll.


Seragam PTI
: Hijau Tua dengan garis hitam, sabuk: fuen (Putih) fuen lion (hijau muda) dst.

seragam-pti.jpg


Seragam Tsufuk:
Merah dengan corak hijau, sabuk: hijau muda, putih, hitam, dll.

seragam-tsufuk.jpg


Seragam Thifan Pokhan:
Biru bercorak kuning

seragam-thifan-pokhan.jpg

Metode latihan: Kalo thifan tempo dulu terkenal dengan kerasnya sedangkan tsufuk terkenal dengan kecepatannya, nah kalau PTI ini ingin menyeimbangkan antara kecepatan dan kekuatan dalam gerakan, senamnya ditambah dengan senam daht (optional), latihan kekuatan tidak dengan menahan nafas dan mengeraskan tubuh lama-lama, tapi hanya ketika serangan itu mendarat di tubuh.

Tingkatan: dalam PTI berdasarkan warna sabuk (fuen) putih, Fuen Lion, dst. fuen dalam PTI mempelajari jurus tangan yaitu: Po, Po Tsan, Pia Po, Po Nyi’r, Po Ung’r (atau kalau di Tsufuk disebut Bab 1), Kaki yaitu Rinzik datusik dll. (atau kalau di tsufuk disebut bab 2) tangan dan kaki seperti kepal luncur (atau disebut bab 3) tangan palang, tangan hampa, langit, bumi, hujan, dan terakhir jurus pendekar namsuit.

Silabus/metode dan manajemen: PTI dan Tsufuk sudah tertata rapi, untuk PTI, bagi mereka yang tekun dalam waktu kurang lebih tiga atau empat tahun dapat menguasai seluruh bahan ajar yang ditetapkan oleh pembimbing, yang apabila lulus ujian, setiap tingkatnya memperoleh Ijazah dan lisensi untuk menebarkan Thifan kepada yang berhak tanpa dibebani kompensasi bayaran kepada lanah pusat.


thifan.amikom.info

Entri ini dituliskan pada Nopember 1, 2007 pada 11:24 am dan disimpan dalam Berita, Catatan K

1 comment:

Saifullah said...

Ngobrol ringan tentang Thifan Po Khan, kunjungi saja http://thifan-saif.blogspot.com/

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.