Sunday, July 27, 2008

Ekshibisi Thifan Po Khan Tsufuk

http://thifan-kungfumuslim.tripod.com

Ekshibisi Thifan Po Khan

BANDUNG,(PR),-
Sebanyak 70 orang peserta seni bela diri Thifan Po Khan dari berbagai kota di Jawa, mengikuti pertandingan "Ekshibisi V" Thifan Po Khan aliran Tsufuk, yang diselenggarakan di GOR Bandung, Jln. Jakarta Kota Bandung, Minggu (4/1).

Acara yang dimulai pukul 8.00 WIB ini, selain menampilkan Turgul (Full Body Contact-red.) juga mementaskan atraksi peragaan jurus, teknik tangan kosong, dan teknik senjata.

Di sela-sela pertandingan, Ketua Umum organisasi seni bela diri Thifan Po Khan, Ustaz Habibburrahman, mengatakan bahwa diselenggarakan pertandingan ini ditujukan untuk melatih keberanian dan mental, serta sebagai ajang untuk menguji teknik seni bela diri yang telah dipelajarinya, tapi bukan menjadi ajang unjuk ketangguhan untuk mencari menang atau kalah. "Inti utama dari diselenggarakan ekshibisi ini adalah untuk melatih keberanian dan mental seseorang, serta ajang untuk menguji teknik bela diri yang telah dipelajarinya. Akan tetapi, ajang ini bukan untuk unjuk ketangguhan menang atau kalah," ujarnya.

Habib menjelaskan bahwa Thifan Po Khan ini merupakan seni bela diri yang dikhususkan bagi yang beragama Islam (Muslim). Jadi, rata-rata anggota Thifan Po Khan berasal dari pesantren-pesantren. Sistem pertandingan Thifan Po Khan, menurut Habib, terdapat tiga tingkatan (kelas), yaitu bab I hanya untuk pertarungan dengan pukulan atau memakai tangan, bab II, III, IV untuk pertarungan kombinasi pukulan dan tendangan, dan bab V pertarungan dengan kombinasi dengan memakai teknik kuncian.

Habib mengutarakan sampai saat ini jumlah seluruh anggota Thifan Po Khan yang aktif sekira 400 orang dari berbagai kota di Jawa dan Sumatra seperti, Surabaya, Yogyakarta, Purwokerto, Cianjur, Bogor, Jakarta, Lampung, dan Bandung. (B.100)***

Baru sepotong dulu ya :-)
dscn4146.jpg

dscn4143.jpg

banting.jpg

berhubung situsnya belum beres, jadi infonya sepotong2 dulu :-P tapi semoga ga mengurangi nilainya. Afwan ya!!!

punteun sebelumnya, ini ngutip perkataan kang arieft di myQ forum. jadi punteun kang arief, ngambil tanpa izin, tar diperbarui lagi kok.

Bagi yang sudah mengikuti latihan thifan tsufuk, hal yang membuat cidera relatif sudah tidak dialami lagi, karena pentahapan latihan (marhaliyah) di tsufuk sudah dibuat sedemikian rupa sehingga seseorang tidak merasa kaget atau kapok untuk latihan. Marhaliyah ini sangat penting dan itu disesuaikan dengan sunnatuLLah yang ada pada tubuh manusia. Marhaliyah ini memang tidak secara eksplisit tertera dalam Kitab Thifan, karena kitab tersebut penuh dengan Senzho (atau siayasah), dan hanya merupakan rangkuman saja. Sangat sulit untuk mencerna kitab tersebut berdasarkan apa yang ditulis disitu secara eksplisit. Sehingga untuk membaca Kitab tersebut diperlukan keahlian tertentu.
Di dalam tsufuk latihan dibagi terdiri dari beberapa bagian:
1. PemanasanUmum(General Warming Up)
2. Pemanasan Spesifik (Specific Warming Up)
3. Latihan Utama (Main Part Of Training)
4. Pendinginan (Cooling Down)
Itu sebagian perbedaan yg ada di tsufuk. Selain itu di tsufuk juga sudah disusun bab-bab persiapan untuk memasuki tingkatan2 spt yg ada di Kitab Thifan. Sehingga seseorang bisa dengan mudah mencerna apa yang ada di tiap tingkatan. Ini saya rasakan sendiri bedanya. Dahulu kita sempat merasakan bagaimana masuk ke dlm tingkatan yg ada tanpa mendapatkan bab persiapan. Hasilnya sangat berbeda.

Sebagian info tempat latihan Thifan Pokhan aliran Tsufuk:
di Jakarta :
- di Al-Hikmah, Jl. Bangka II, Cp: Arief 021-30817679, 081310099028
- di UI, Cp: Erwin
- di Jagakarsa, Cp: Sholihin 021-70028736, 08176348342

Di bandung:
- Masjid Salman ITB, dll Cp: Febri 0817421002
- Pindad, dll Cp: Jejen 08179297642

Jogja: - Cp. Agung 08164228419

1 comment:

Saifullah said...

Ngobrol ringan tentang Thifan Po Khan, kunjungi saja http://thifan-saif.blogspot.com/

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.